Wednesday, December 31, 2008

Jam Gadang Kok Ditutup.....Kain


Pemerintah Kota Bukittingi mematikan dan menutup Jam Gadang di Kota Bukittinggi pada Rabu sore untuk mencegah masyarakt berkumpul merayakan pergantian tahun di kota itu.

Jam itu dimatikan dan ditutup kain besar sejak Rabu sore, pemerintah kota menyatakan hal itu dilakukan untuk mencegah perbuatan tidak sopan yang sering terjadi di kalangan pemuda-pemudi yang merayakan pergantian tahun di sekitar lokasi itu.

Namun penutupan Jam Gadang yang menjadi land mark kota wisata itu tetap mengundang perhatian wisatawan. Bahkan penyelubungan kain yang melibatkan delapan pemanjat tebing dari Federasi Pemanjat Tebing Indonesia Cabang Bukittinggi menjadi atraksi menarik karena melibatkan delapan pemanjat tebing dari Federasi Panjat Tebing Indonesia.

Jam Gadang akan diselubungi kain warna kuning, hitam, dan merah selama 18 jam, dan akan kembali dibuka dan dinyalakan hari Kamis (1/1/2009) pukul 10.00 WIB.

“Biasanya setiap tahun sekitar 300 ribu orang berkumpul di sana menunggu jarum jam di Jam Gadang berdempet pada pukul 00.00 WIB pada pergantian tahun, saat itu anak-anak muda meluapkan kegembiraannya dengan berangkulan dan sebagainya, ini yang menjadi alasan utama dari H.jufri sebagai walikota Bukittinggi untuk menutup kawasan jam gadang dari aktifitas peringatan pergantian tahun.

Namun kebijakan ini tidak serta merta mendapat tantangan dan protes dari masyarakat bukittinggi dan wisatawan yang biasa berkunjung ke bukittinggi untuk merayakan pergantian tahun, dari segi pariwisata tentu yang sangat di rugikan adalah para pengusaha perhotelan, Tahun baru 2008 lalu empat hari sebelum tahun baru hotel- hotel berbintang maupun melati sudah full up "penuh" Namun pada pergantian tahun 2009 ini tingkat hunian hotel cukup drastis menurun.

Ya apa mau di bilang ini kebijakan dari pemerintah kota bukittinggi, di tutup atau tidak Jam Gadang tetap menjadi alasan orang untuk berkungjung dan meghabiskan malam pergantian tahun..............wassalam

4 comments:

  1. Lhooo kok gitu ya?*bingung* hehehe...
    tapi kenapa juga ga ditutup sarung kotak2 kayak di Bali sekalian ya hahah...selamat tahun baru ya mas!

    ReplyDelete
  2. weeew bukittinggi kota ku ondeh mandeh...memi dukung aja deh apa kata pak walikota biar tetap terkendali saja suasana tahun baru nya hehehe

    ReplyDelete
  3. kainnya mirip bendera jerman..keren juga y omm

    ReplyDelete
  4. wah ga seru donk, jm ny dtu2p gitu,,,
    tp yh demi mnjga jg sih,,, :D
    seru pst yh thn br dipadang,,, :)

    ReplyDelete